Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Simbol-simbol Pentakosta


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Pada perayaan Hari Pentakosta, guru dapat membawa beberapa alat peraga yang dapat menolong anak mengingat arti Pentakosta dengan lebih baik. Alat-alat peraga ini adalah benda-benda/gambar yang menjadi simbol umum yang dipakai untuk melambangkan Pentakosta. Benda-benda tsb. antara lain:

  1. Lilin untuk menunjukkan bentuk lidah api yang menggambarkan Roh Kudus yang melayang-layang di atas kepala para rasul.
  2. Burung merpati putih yang menggambarkan penampakan Roh Kudus ketika Tuhan Yesus dibaptis.
Alat-alat peraga ini juga bisa dipakai untuk menjadi kegiatan anak setelah guru selesai mengajar/bercerita. Caranya adalah:

Untuk anak di bawah usia 6 tahun

Guru menyediakan pensil warna dan 2 gambar simbol Pentakosta, yaitu lilin dan burung merpati. Bagikan gambar tsb. kepada masing-masing anak dan minta mereka untuk mewarnai gambar-gambar tsb. dengan warna yang mereka pilih

Untuk anak di atas usia 7 tahun

Guru dapat menyediakan kertas gambar dan pensil warna. Mintalah anak untuk menggambar 2 macam simbol Pentakosta, yaitu lilin dan burung merpati (dengan memakai contoh burung merpati yang dibawa oleh guru sebagai alat peraga). Lalu mintalah mereka untuk mewarnai gambar yang mereka buat tsb. dengan warna yang mereka pilih. Selamat mencoba!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar