Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hari Raya Pujian di Alkitab


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Persiapan:
Melatih nyanyian atau musik yang disajikan selama ibadah hari ini. Boleh siapkan beberapa lagu instrumental/kaset yang memakai angklung, gitar, seruling, dll.

Pendahuluan:
Musik selalu memainkan peranan penting dalam ibadah anak-anak Tuhan. Sepanjang Pernjanjian Lama kita membaca bagaimana nyanyian-nyanyian dinyanyikan dan instrumen-instrumen dimainkan pada waktu orang banyak memuji dan berbakti kepada Allah. Melalui musik kita lebih dapat menyatakan kasih kita kepada Allah daripada dengan cara-cara lain. Mari kita menyembah Allah dengan musik hari ini.

Pembacaan Alkitab:
Minta anak-anak membuka Alkitabnya pada Mazmur 100 supaya mereka dapat membacanya bersama-sama Saudara pada waktunya. Perkenalkan Mazmur ini dengan memberi cerita di bawah ini.

Cerita:
Pada zaman dahulu Allah merencanakan satu waktu pengucapan syukur untuk umat-Nya. Dia meminta mereka berhenti bekerja selama seminggu penuh dan menggunakan waktu itu untuk berterima kasih kepada-Nya atas pemberian-pemberian baik yang telah Ia berikan kepada mereka. Allah ingin umat-Nya mengingat bahwa Dialah yang telah memberikan tuaian yang berlimpah-limpah dan rumah-rumah yang baik kepada mereka.

Setiap tahun, di waktu musim gugur, setelah mereka menuai tuaian mereka dan menyimpan gandum dalam lumbung-lumbung serta mengumpulkan buah ara, kacang, dan kurma, mereka berhenti bekerja selama seminggu penuh. Setiap orang membungkus makanan yang terbaik beserta gandumnya dan pergi ke Yerusalem untuk mempersembahkan korban syukur dan memuji Allah. Ketika mendekati kota, mereka memotong dahan-dahan pohon untuk membuat tenda-tenda dari daun sebagai tempat tinggal selama mereka jauh dari rumah. Upacara ini disebut "Hari Raya Pondok Daun".

Setiap hari selama seminggu penuh mereka harus ke Bait Suci untuk berbakti kepada Allah. Bersama-sama mereka melagukan satu nyanyian syukur kepada Allah untuk segala kebajikan-Nya. Mari bersama-sama membaca nyanyian yang telah mereka nyanyikan, yakni Mazmur 100.

Doa:
Satu doa pengucapan syukur atas kebajikan Allah, atas nyanyian yang diletakkan-Nya dalam hati kita, atas persediaan-Nya yang berlimpah- limpah untuk segala keperluan kita!

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 1
Halaman: 
55
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1997

Komentar