Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Berapa Kalikah Kamu Harus Mengampuninya?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ada dua orang yang telah berbuat salah. Orang yang pertama mencuri uang temannya lima ribu rupiah. Kemudian ia menyesal atas apa yang telah dilakukannya dan meminta ampun kepada temannya itu.

Orang yang kedua membunuh seorang anak laki-laki. Ketika ia dipenjara, seseorang datang dan menceritakan tentang Tuhan Yesus kepadanya. Orang itu menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya dan menjadi seorang pemimpin Kristen yang sungguh-sungguh. Ia sangat menyesal karena telah membunuh anak laki-laki itu dan memohon agar orang tua anak itu mau mengampuninya.

Renungan Singkat tentang Pengampunan:
  1. Perbuatan salah apakah yang dilakukan oleh orang pertama? Apakah perbuatan iut sama jahatnya dengan membunuh seorang anak laki-laki? Menurut kamu, apakah teman orang yang mencuri uang itu bersedia mengampuninya?
  2. Perbuatan salah apakah yang dilakukan oleh orang kedua? Apakah pebuatannya itu lebih buruk daripada mencuri uang lima ribu rupiah? Menurut kamu, apakah orang tua anak itu bersedia mengampuni pembunuh anaknya? Maukah kamu mengampuninya seandainya kamu adalah salah seorang dari orang tua ini?

Ketika orang pertama yang mencuri uang temannya itu meminta ampun, ia mengembalikan uang lima ribu rupiah yang telah dicurinya. Ia mengatakan bahwa ia sangat menyesal. Tetapi temannya bukanlah orang Kristen, dan ia tidak tahu banyak tentang pengampunan. Ia tidak pernah meminta Tuhan Yesus mengampuni kesalahannya. Oleh karena, ia berkata bahwa ia tidak akan mengampuni kesalahan temanya itu.

Ketika orang kedua meminta ampun kepada orangtua anak itu, ia tidak dapat mengembalikan anak laki-laki yang telah dibunuhnya kepada orang tuanya. Ia tidak mungkin dapat melakukannya. Tetapi orangtua anak itu adalah orang Kristen. Mereka sangat mengasihi anak itu, tetapi mereka juga sangat mengasihi Tuhan Yesus. Mereka telah meminta ampun kepada Tuhan Yesus atas dosa-dosa mereka, dan mereka tahu itu, mereka juga mengampuni kesalahan orang itu. Bahkan mereka memberi sebuah Alkitab kepada orang itu dan berkata bahwa mereka akan mendoakannya.

Renungan Singkat tentang Tuhan Yesus dan Kamu:
  1. Mengapa orang yang pertama tidak mau mengampuni temannya? Mengapa orangtua anak itu mau membunuh anak mereka? Di manakah letak perbedaannya?
  2. Sudahkah kamu meminta Tuhan Yesus mengampuni dosa-dosamu? Menurut kamu, sudahkah Ia mengampuni kamu? Pernahkah seseorang meminta supaya kamu mengampuni perbuatan yang telah dilakukannya? Apakah yang seharusnya kamu lakukan?

Bacaan Alkitab:
Markus 11:25

Kebenaran Alkitab:
Ampunilah dosa-dosa kami, ya Tuhan, seperti kami juga mengampuni orang lain yang telah bersalah kepada kami (Lukas 11:4).

Doa:
Ya Tuhan Yesus, Engkau telah mengampuni saya. Ajarlah saya mengampuni orang lain juga. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
68 - 69
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar